PERINGATAN ASYURO (10 Muharram)

Memperingati tahun baru Hijriyah yakni bulan Muharam, merupakan salah satu momentum bersejarah bagi umat Islam, karena hal tersebut dapat mengingatkan kita bahwa tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin. enyadari hakikat tahun baru Hijriyah, umat Islam sebagai umat terbaik dan sepatutnya menjadi suri tauladan yang baik kepada orang lain haruslah mempunyai cara dan sikap yang menjunjung tinggi ajaran wahyu dalam menyambut datangnya tahun baru Hijriyah, agar dapat membedakan dengan cara dan adat kaum lain.

Muharam adalah bulan yang sangat bersejarah buat ummat Islam sedunia. Karena di samping bulan Muharam sebagai bulan pertama tahun Hijriyah, bulan Muharam juga menyimpan banyak sekali peristiwa bersejarah. Di antaranya adalah tenggelamnya raja Fir’aun dan anak buahnya di Laut Merah, hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah serta masih banyak lagi peristiwa bersejarah lainnya. Bulan Muharam adalah bulan yang sangat agung, di dalamnya terkandung makna dan keutamaan hakiki dalam rangka proses pembentukan pribadi-pribadi muslim. Itulah makanya salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk berpuasa sunah pada bulan tersebut. Didalam bulan Muhharram terdapat Agenda rutin kegiatan yang biasa dilakukan SMK Nahdlatul Ulama Ungaran, yakni Peringatan 10 Muharram adalah kegiatan santunan anak yatim piatu baik dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah.

Untuk tahun ini kegiatan seperti dilakukan tahun-tahun kemarin memberikan santunan siswa yatim sebanyak 50 siswa SMK NU UNGARAN, mereka mendapatkan uang santunan dan sembako yang sebelumnya dilakukan rutinitas pembukaan sambutan oleh kepala sekolah, mengusap kepala siswa yatim serta doa penutup dengan dipandu serta disaksikan oleh Pengajar PAI, alhamdulillah kegiatan berjalan lancar.

Selain menyantuni anak-anak yatim-piatu, amalan-amalan lain yang disunahkan oleh Rasulullah adalah berpuasa, memperbanyak amalah shalih, bertaubat, menjenguk orang sakit, mengunjungi/ silaturrahim kepada keluarga/ saudara/ orang-orang soleh, mendatangi pesarean para aulia dan lain sebagainya. Dengan berbagai kegiatan/ amalan-amalan soleh mempunyai makna khusus bagi siswa/siswi SMK NAHDLATUL ULAMA UNGARAN yaitu meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT, serta memiliki rasa berbagai antar sesama membentuk insan yang islam serta berbudi pekerti, berakhlak mulia serta berkarakter bangsa.