Sosialisasi Korupsi Sejak Dini

Pendidikan Anti Korupsi, anti korupsi merupakan sebuah gerakan untuk tidak mengambil yang bukan milik sendiri serta tindakan yang melanggar hokum dan norma-norma sosial. Pada usia anak-anak sangat rentan dengan sebuah tindakan baru yang sedang berkembang di lingkungannya hal serupa juga dalam tindakan Korupsi, hal ini dapat kita cegah dengan pendidikan yang intensif dan berkelanjutan.

Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan untuk berbagi ilmu kepada para murid SMK Nahdlatul Ulama Ungaran akan pentingnya Anti Korupsi sejak dini, dimulai dari hal-hal yang sangat kecil dan prinsipil.

Adapun fokus dari pendidikan ini yakni terletak pada tahap pencegahan dan pembinaan karakter (character building) anak-anak dan pemuda yang berjiwa Anti Korupsi. Adapun sasaran yang ingin dicapai ialah terbentuk masyarakat yang memiliki jiwa Anti Korupsi dengan semangat patriotic ke-indonesiaan yang tinggi dan diharapkan setelah terlaksananya program ini maka mulai muncul pemuda-pemuda yang memiliki semangat dan jiwa Anti Korupsi yang tinggi, sehinggaberguna bagi Nusa dan Bangsa.

Pada sosialisasi ini dijelaskan tentang pengertian Korupsi dan berbagai contoh dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari tingkat yang sangat sederhana maupun yang bersekala besar. Setelah itu dilanjutkan dengan pemutaran film pendek Anti korupsi. Adapun film yang di putar yakni (1) Kejujuran Seorang Polisi, (2) BudayaTelat, (3) Berani Jujur Hebat, (4) Nyontek, dari keempat film ini memiliki ceritadan tujuan yang berbeda, film Kejujuran Seorang Polisi menceritakan bagaimana sikap seorang polisi yang jujur yang menolak suap pada saat ia menilang seorang pelanggar jalan raya, film Budaya Telat merupakan sebuah contoh dari korupsi waktu yang sering dilakukan oleh siswa maupun masyarakat umum. Film Berani Jujur Hebat yaitu member pemahaman bahwasemangat Anti Korupsi mesti dilakukan dengan tindakan bukan hanyaomongan semata. Film Nyontek yaitu member contoh bahwa salah satu dari tindakan korupsi sejakdini di sekolah adalah nyontek tugas, ujian, dll.